Header Ads

ad728
  • Breaking News

    BIAS, MIN 11 HSS LAKSANAKAN IMUNISASI CAMPAK DAN HPV

     

     

    Habirau Tengah (MIN 11 HSS) - Dalam rangka Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS), Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 11 Hulu Sungai Selatan (HSS) bekerjasama dengan Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Sungai Pinang melaksanakan imunisasi campak untuk kelas I dan imunisasi Human Papillomavirus (HPV) untuk kelas V dan VI, Jum`at (06/09/24) di ruang kelas.

    BIAS bertujuan untuk meningkatkan perlindungan anak terhadap penyakit tertentu dalam hal ini adalah penyakit campak dan kanker serviks. Salah satu petugas Puskesmas Sungai Pinang Hj. Mahdiah, A.Md.Kep menerangkan meskipun sudah menerima vaksin campak saat bayi, anak-anak tetap diberikan vaksin ulang pada usia 6-7 tahun.

    "Sejak mulai memasuki usia SD/MI, terjadi penurunan kekebalan meskipun sudah pernah divaksin. Karna itu pemerintah menyelenggarakan program BIAS ini," ungkapnya.

    Selain itu, Mahdiah melanjutkan pemberian vaksin HPV kali ini sasarannya adalah anak perempuan kelas V dan kelas VI. Pemberian vaksin HPV untuk anak-anak cukup dua kali seumur hidup.

    "Untuk kelas VI, vaksin kali ini adalah dosis kedua karna sudah dilakukan dosis pertama saat kelas V. Sedangkan untuk kelas V sendiri merupakan dosis pertama dan dosis keduanya akan diberikan saat di kelas VI nanti," ujarnya.

    Mahdiah juga menjelaskan ini merupakan bentuk ikhtiar mencegah penyakit kanker serviks yang menjadi penyebab kematian nomor 1 wanita Indonesia. Selain kanker serviks, virus HPV juga dapat menyebabkan penyakit kutil kelamin.

    Kepala MIN 11 HSS Dra. Hj. Ma’shumah yang ikut mendampingi kegiatan ini mendukung penuh program BIAS dan berterima kasih kepada petugas Puskesmas Sungai Pinang telah menjadi mitra dalam setiap kegiatan perlindungan kesehatan siswa MIN 11 HSS. "Semoga melalui imunisasi ini para siswa memiliki kekebalan tubuh yang baik sehingga terhindar dari berbagai penyakit terutama campak dan kanker serviks," harapnya.

    Selain BIAS, dilakukan juga kegiatan skrining merokok pada anak usia 10-18 tahun, penyuluhan kesehatan gigi dan mulut, serta pemeriksaan Frambusia pada anak-anak.

     

    Rep: Islamiah / Ft: Arif

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    ad728

    Post Bottom Ad

    ad728